Inspirasi
Impian Membuat Hidupku Terasa Lebih Hidup

Impian Membuat Hidupku Terasa Lebih Hidup

Dulu saya pernah berhadapan dengan kebosanan hidup. Setiap hari hanya mengerjakan pekerjaan yang sama, seperti robot. Bangun pagi, ke kantor, pulang sore hari, bermacet-macetan dengan lalu lintas ibu kota, sampai rumah sudah lelah dan kemudian istirahat. Esoknya, kejadian tersebut berulang. Begitu terus setiap hari sampai kemudian saya berpikir, sampai kapan saya akan hidup seperti ini? Setiap hari hanya membuang-buang usia untuk suatu rutinitas yang tidak bisa saya jadikan cerita menarik untuk anak cucu saya nanti.

Sampai suatu ketika, saya menemukan sebuah kalimat yang membuat saya tersadar. Ada sesuatu yang terlupakan yang seharusnya saya punya dalam hidup, sesuatu yang dulu pernah ada, namun sekarang terlupakan karena faktor usia. Sesuatu itu bernama impian.

As soon as you start to pursue a dream, you’re life wakes up and everything has meaning – Barbara Sher

 

Mencermati kalimat tersebut, saya berpikir ingin melakukan sesuatu dengan hidup yang saya punya. Saya ingin menjadi manusia yang benar-benar hidup, bukan seperti zombie yang hanya bergerak tapi tidak memiliki jiwa. Saya ingin menghidupkan hidup saya dengan membangun impian.

 

-Live to the max with your dream-

Banyak orang berpendapat bahwa impian itu hanya seperti khayalan yang hanya ada dalam angan-angan. Banyak pula yang mengira bahwa impian itu hanya untuk anak kecil yang masih memiliki masa depan yang panjang. Anak kecil dianggap masih memiliki waktu untuk meraih impiannya, ntah itu mimpi untuk menjadi presiden, menjadi astronut, menjadi dokter atau menjadi seorang pramugari pesawat terbang. Sedangkan untuk orang yang sudah dewasa, memiliki mimpi akan dianggap seperti berkhayal, tidak memandang kenyataan dan dicap tidak dewasa. Padahal, impian itu tidak memandang siapa kita, berapa usia kita atau apa status kita. Impian itu milik semua orang yang mau berusaha dan berjuang tanpa kenal kata putus asa.


Impian itu bukan sekedar bunga tidur..

Impian itu,

Sebuah keinginan yang ingin diwujudkan.

Sebuah asa yang ingin dimenangkan,

Sebuah tujuan yang ingin dicapai walaupun banyak aral rintangan..


Seperti saya katakan di atas, saya ingin menghidupkan hidup saya dengan membangun impian. Setelah memutuskan hal tersebut saya mulai menyusun apa yang ingin saya capai dalam hidup ini. Saya merumuskan impian saya dalam sebuah slogan berbunyi 4 Happiness 5 Perfectness (4H5P). Maksud dari slogan tersebut adalah bahwa 4 impian saya yang pertama merupakan sumber kebahagian saya dalam hidup apabila hal itu terwujud. Sedangkan impian yang kelima merupakan penyempurna dari 4 kebahagian saya sebelumnya.

Saya membangun impian saya dari beberapa tahun yang lalu. Sejak saat itu, saya merasa hidup saya benar-benar hidup. Saya tidak hanya hidup seperti robot yang mengerjakan rutinitas yang membosankan. Saya merasa ada gairah yang muncul dalam diri saya setiap pagi untuk menapaki mimpi saya selangkah demi selangkah. Berikut adalah impian saya yang sudah, sedang dalam proses dan belum tercapai.

Melanjutkan Studi S2

memesonaitu

Sumber Foto : dokpri

impian pertama adalah ingin melanjutkan studi ke jenjang S2. Impian ini sebenarnya telah ada sejak saya lulus S1 dulu (tahun 2008). Namun seiring berjalan waktu dan kesibukan kerja yang menyita hampir seluruh tenaga, impian ini mulai memudar. Ketika saya merumuskan impian saya menjadi slogan 4H5P, ini menjadi impian utama saya. Mulai saat itu saya mulai fokus kepada usaha bagaimana agar hal ini bisa terwujud. Dan Alhamdulillah pada tahun 2012 saya memulai kuliah saya (kembali) di salah satu universitas negeri yang ada di Jakarta. Setelah saya berhasil masuk ke kampus tersebut, perjuangan bukannya berhenti sampai di sana. Itu baru merupakan  langkah awal saya untuk bisa menyandang gelar MBA di belakang nama saya. Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan yang panjang akhirnya tahun 2016 kemarin saya berhasil lulus dari kampus tersebut dan menuntastkan satu impian saya.

Travelling Keliling Indonesia dan Dunia

Ujung GentengSaya menyukai keindahan alam. Saya menyukai perasaan ketika berkunjung ke tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Untuk itu, saya menjadikan travelling keliling dunia sebagai impian kedua saya. sejak beberapa tahun yang lalu saya sering menyempatkan diri dan menyisihkan tabungan saya untuk ikut kegiatan travelling yang diadakan oleh teman atau jasa travelling lainnya.

Saat ini, kebetulan tempat yang saya kunjungi baru seputar Indonesia seperti Belitung, Jogja, Jawa Barat, Jawa Timur, Ambon dll (baca: Cerita travellingku disini). Namun saya punya impian untuk memasukkan perjalanan ke negara lain ke dalam catatan perjalanan saya nanti. Ntah kapan itu akan benar-benar terealisasi, namun saya yakin suatu saat pasti hal itu bisa aku penuhi. Keinginan saya untuk jalan-jalan berkeliling Indonesia dan dunia ini membuat saya semangat dalam mengumpulkan tabungan dari gaji yang saya terima setiap bulannya. Kini, bekerja bukan lagi menjadi rutinitas harian yang membosankan buat saya. Bekerja bukan hanya karena untuk mendapatkan gaji bulanan dan memenuhi kebutuhan hidup. Tapi kini saya bekerja lebih giat agar dapat memenuhi impian saya satu ini.

Punya Usaha Sendiri

Untuk impian saya yang satu ini, rasanya masih sangat jauh dari terwujud. Dalam pikiran saya sudah ada beberapa ide usaha, namun sepertinya masih belum dapat terlaksana karena ada hal lain yang harus didahulukan. Tapi tentu saja suatu saat hal ini pasti bisa saya realisasikan.

Blogger Professional

bloggerAwalnya, saya hanya melakukan kegiatan blogging atau nge-blog sekedar menyalurkan keinginan saya untuk menulis. Tidak ada keinginan untuk memperbagus tampilan blog dari sisi design atau penambahan konten infografis di dalamnya. blogging hanya sekedar menulis sesuatu yang ingin saya bagikan ke orang lain secara online. Blogging hanya sebagai sarana untuk mencurahkan isi hati, sama seperti sebuah diary.

Namun kini, saya ingin menjadi blogger professional yang menjadi inspirasi dan gravitasi bagi blogger lainnya atau bagi pembaca tulisan saya. Apa standar yang saya pakai untuk mencapai itu semua? simple! Memiliki banyak visitor dan follower. Untuk itu, saya harus berusaha keras dan terus belajar. Setiap melihat blog orang lain yang terlihat lebih keren dan bagus saya menjadi terinspirasi dan semangat untuk belajar banyak keahlian. Keinginan seperti itu membuat saya merasa hidup saya tidak berhenti di tempat. Terus bergerak maju seiring dengan semakin banyaknya hal yang saya pelajari.

Memiliki Keluarga yang Bahagia

Impian memiliki pasangan hidup sudah saya dapatkan sejak 9 bulan yang lalu. Mungkin impian ini terinspirasi dari dongeng-dongeng princess disney yang pada akhirnya menemukan pangeran pujaan hatinya. 

Setelah menikah, impian saya tidak langsung berhenti di situ. Menikah itu hanya langkah awal, impian saya selanjutnya adalah memiliki keluarga yang bahagia, selamanya. Untuk itu, saya berusaha agar menjadi istri dan calon ibu yang baik. Berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga saya, kini dan nanti. Dalam proses belajar menjadi istri dan ibu yang baik itulah saya merasa setiap harinya saya menjadi lebih hidup. Kalau dulu saya hanya hidup untuk diri saya, sekarang saya juga hidup untuk keluarga yang saya miliki.

Kalau misalnya melihat daftar impian saya di atas, mungkin ada orang-orang yang akan berpikir kalau saya agak sedikit rakus atau serakah ya, menginginkan banyak hal. Tapi saya rasa serakah dalam hal seperti itu tidak masalah, toh itu tidak merugikan orang lain bukan? Malah kalau kita berhasil bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mewujudkan apa yang menjadi impiannya. Tapi memang tidak semuanya bisa diwujudkan dalam satu waktu. Bertahap, satu demi satu.

Theragran-M, Live to The Max, Hidupkan Hidupmu

Impian membuat saya memiliki tujuan yang ingin dicapai

Ketika kita memiliki tujuan dalam hidup, kita seperti memiliki arah yang jelas, akan berjalan kemana dan apa yang harus kita lakukan untuk sampai pada tujuan tersebut. Berbeda dengan keinginan yang mungkin bisa diwujudkan dengan mudah, impian biasanya memerlukan waktu dan proses panjang untuk dapat diraih. Karena waktu dan proses yang panjang itulah terkadang kita akan mudah menyerah apabila menemukan penghalang. 

Impian membuat hari-hari saya terasa lebih hidup karena setiap harinya saya selalu memikirkan cara dan rencana agar dapat sampai pada tujuan akhir saya. Setiap hari saya berpikir kalau suatu saat impian-impian saya akan terwujud. Dengan memikirkan itu saja, setiap pekerjaan yang saya lakukan terasa menjadi lebih ringan dan menyenangkan.

“Imagine yourself as you would like to be, doing what you want to do, and each day, take one step towards your dream. And though at times it may seem too difficult to continue, hold down to your dream. One morning you will awake to find that you are the person you dreamed of doing what you want to do”

– Donna Levine-

Impian membuat saya bersemangat menjalani hari-hari

Impian membuat saya merasa semangat menjalani hari-hari yang sebelumnya terasa datar. Kehidupan yang datar seperti robot membuat saya merasa hidup tanpa arti. Namun ketika memiliki impian, setiap kegiatan yang saya lakukan terasa memiliki arti.lebih bermakna. Hidup terasa lebih hidup karena bukan hanya tubuh yang beraktifitas, tapi juga hati yang memiliki semangat menggelora.

Impian membuatku ingin terus bergerak maju

Sebuah impian membuat saya ingin terus bergerak maju. Berusaha sebaik-baiknya untuk setiap tujuan yang ingin saya capai. Banyak cara agar terus bergerak maju ke depan, salah satunya adalah dengan terus belajar dan berusaha. Misalnya saja, impian saya untuk menjadi seorang blogger professional. Sebelumnya, kegiatan blogging saya lakukan hanya “begitu-begitu saja”, hanya menulis di blog. Saya tidak memikirkan bagaimana bahasa yang saya gunakan, bagaimana ketepatan tanda baca atau bagaimana tampilan dari blog saya sendiri. Namun ketika saya memutuskan ingin menjadi seorang blogger professional, saya merasa saya masih harus banyak belajar. Karena itulah sedikit demi sedikit saya belajar bagaimana menuliskan kalimat, belajar mempercantik tampilan blog atau sekedar menambahkan plugin tertentu agar tulisan yang saya buat terlihat menarik. Hal seperti ini benar-benar membuat hidup saya terasa lebih hidup, karena setiap harinya ada saja kekurangan yang ingin saya ‘tambal’ dan membuat saya merasa harus terus belajar dan belajar lagi.

Impian membuat saya ingin bangkit kembali ketika saya terjatuh atau gagal

Saya pernah membaca sebuah puisi karya John Greenleaf Whittier yang berjudul Don’t Quit. Puisi ini saya temukan dulu sekali, ketika saya merasa putus asa dalam mengerjakan skripsi. Namun sampai sekarang, ketika menemukan sesuatu yang membuat saya ingin menyerah, saya selalu membaca puisi ini kembali sebagai penyemangat. Inti dari puisi ini adalah agar kita jangan mudah berhenti mengejar apa yang menjadi tujuan kita. Dalam hidup akan banyak tantangan dan hambatan yang membuat kita merasa ingin menyerah, tapi jangan berhenti.

Keinginan untuk bangkit kembali ini hanya dapat dimiliki ketika kita memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu impian. Dan keinginan untuk terus bangkit ini membuat hidup saya terasa lebih hidup.

Sampai saat ini pun, saya selalu berusaha untuk tetap memiliki mimpi dalam hidup saya. Saya ingat sebuah kalimat yang mengatakan, hiduplah dengan mimpi, bukan didalam mimpi. Jadi, walaupun saat ini saya sudah berumur diatas 30 tahun dan sudah memiliki anak, saya akan tetap memegang teguh hidup bersama dengan impian-impian saya. Saya akan berusaha untuk mewujudkannya walaupun mungkin akan ada banyak halangan dan rintangan yang akan saya hadapi.
Untuk teman-teman di luar sana, tetaplah memiliki impian walaupun kalian sudah berumur, tidak remaja lagi atau mungkin sudah lupa apa itu mimpi. Karena impian itu bukan hanya milik anak kecil, orang dewasa bahkan kakek-nenek pun masih diperbolehkan untuk bermimpi.
Tags :

Leave a Reply

%d bloggers like this: