Beberapa bulan yang lalu saya mendengar berita yang sangat meresahkan. Sejumlah akun seller dan buyer di beberapa e-commerce di Indonesia terkena cybercrime yang mengakibatkan mereka mengalami kerugiaan yang tidak sedikit. Selang beberapa bulan saya kembali mendengar berita yang berkaitan dengan cybercrime, yaitu tabungan seorang nasabah di suatu bank swasta di Indonesia ludes dibobol pihak tak bertanggung-jawab. Jumlah rupiah dalam akun tersebut tidak main-main, lebih dari 20M bung! Saya saja yang pernah kehilangan uang 300ribu karena kecopetan nyesek parah, apalagi ini sampai milyaran.

Beberapa dampak negatif dari perkembangan teknologi dan merebaknya kejahatan di dunia digital membuat saya khawatir dengan rencana saya di tahun depan. Tahun 2021 nanti, salah satu resolusi saya adalah mengembangkan toko online dimana hal itu tentu berkaitan erat dengan dunia digital. Ada ketakutan dalam diri saya bagaimana kalau nanti aku toko saya diretas hacker? Bagaimana kalau nanti saya terkena scamming, phising atau malware? Berbagai pikiran negatif menggelayuti pikiran saya sampai akhirnya saya mengikuti sebuah webinar yang diadakan oleh IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) dan ASUS beberapa waktu lalu. Tema webinar tersebut sangat pas dengan masalah dan kekhawatiran saya saat ini. Sebenarnya webinar tersebut merupakan webinar series yang terdiri dari 4 (empat) sesi. Namun sayang sekali saya hanya bisa ikut di sesi kedua dengan tema bahasan “Secure Your Business with ExpertBook Series“.

Gambar 1 : ASUS Webinar Series yang diadakan ASUSXIIDN Bulan Desember 2020

Mungkin di luar sana ada banyak orang yang punya pemikiran sama dengan saya. Memiliki ketakutan tersendiri dibalik perkembangan dunia digital. Tapi yang namanya ketakutan itu tidak bagus kalau terus dipertahankan dalam pikiran, karena itu hanya akan membuat kita tidak bertindak apa-apa. Yang harus kita lakukan adalah menemukan solusi dari ketakutan tersebut agar apa yang kita rencanakan tetap bisa terealisasi.

 

Pada tulisan kali ini saya akan menuliskan apa yang saya dapat  dari webinar yang saya ikuti kemarin. Saya juga tambahkan beberapa informasi menarik terkait pemilihan laptop untuk bisnis yang kiranya bisa dijadikan referensi untuk pembaca dikemudian hari.

Apa Itu CyberCrime dan Bagaimana Menghindarinya?

Salah satu bahasan webinar yang saya ikuti adalah mengenai “Keamanan Data di Era Cyber” yang dibawakan oleh Bapak Budi Sulistyo. Materi yang dibawakan oleh Bapak Budi ini diawali dengan penjelasan mengenai kondisi dan kebiasaan manusia saat ini, dimana semuanya berhubungan dengan social media. Sekarang ini semuanya terkoneksi dengan dunia cyber, perangkat yang kita pakai sehari-hari, aplikasi yang ada di smartphone kita bahkan kehidupan pribadi pun sekarang sudah menyatu dengan dunia digital. Data pribadi, status, perasaan, lokasi semuanya bisa diakses di dunia maya. Semuanya bisa diketahui karena segalanya ter-update secara real time di social media. Bahkan data-data confidential seperti nama asli, tanggal lahir dan nama ibu kandung  bisa kita dapatkan dengan mudah di social media. Kemudahan dan kelalaian kita di dunia digital bisa memicu seseorang untuk berbuat jahat kepada kita. Kejahatan yang dilakukan seseorang melalui dunia digital inilah yang disebut dengan cyber crime, kejahatan tersebut tidak melukai, tidak langsung mengenai tapi bisa sangat merugikan si korban.

 

Salah satu kasus di awal tahun 2020 ini adalah terjadinya pembobolan rekening Ilham Bintang, seorang wartawan dan pengusaha Indonesia. Dikabarkan bahwa wartawan senior itu telah kehilangan uang ratusan juta rupiah saat berada di Australia. Setelah diusut akhirnya diketahui bahwa pembobolan rekening itu terjadi karena ada pihak tak bertanggung-jawab yang berhasil mengganti SIM Card ponsel miliknya dan mengambil alih seluruh transaksi perbankan yang terafiliasi dengan nomer tersebut. Untuk pembobolan tersebut beberapa hal yang dilakukan si pembobol adalah membuat KTP Palsu, mengganti SIM Card ke gerai seluler, meretas email dan melakukan reset akun. Pembobolan tersebut terbantu dengan adanya kebocoran data dari bank terkait. Selain kasus Ilham Bintang tersebut masih banyak kasus-kasus serupa yang melibatkan transaksi digital seperti yang dialami beberapa e-commerce di Indonesia. Adanya pelanggan transportasi online yang kehilangan dana didalam akunnya dan masih banyak lagi kejahatan transaksi digital lainnya.

Jika berbicara mengenai cybercrime, maka kita harus tahu juga apa itu cybersecurity agar terhindar dari kejahatan digital tersebut. Cyber security merupakan perlindungan terhadap aset-aset digital. Hal-hal yang termasuk dalam cybersecurity adalah jaringan, server, informasi yang diproses, disimpan dan ditransfer melalui sistem jaringan komputer. Ada banyak pihak yang dapat mengancam keamanan digital dan informasi digital kita, seperti misalnya hacker, pishing dan malware. Hal lain yang bisa mengancam keamanan digital kita adalah kegagalan fungsi, kerusakan device atau kehilangan device.

Sumber : Webinar AsusXIIDN "Secure Your Business With ExpertBook Series

Ada 3 (tiga) trend di dunia cyber crime yang perlu kita ketahui :

Untuk menjaga dan mencegah data personal kita bocor ke pihak lain yang tidak bertanggung-jawab, ada beberapa hal yang disarankan oleh Bapak Budi, yaitu :

  1. Melakukan Back Up Data secara periodik dan real time.
  2. Memberi perhatian pada fasilitas back-up :

Hard Disk Eksternal -> Disimpan ditempat yang aman

Menggunakan perangkat back up khusus dengan kehandalan tinggi

fasilitas cloud back up/ storage

Selain itu, untuk keamanan data kartu kredit di akun market place kita, maka disarankan jangan menyimpan credential kartu pada akun tersebut, Data kredential sebaiknya hanya diinput ketika dibutuhkan dan tidak disimpan.

Beberapa Catatan Penting dari Pak Budi...

Pada bagian penutup, pak Budi memberikan beberapa catatan penting terkait materi yang Ia bawakan. Pertama adalah mengenai kriteria keamanan apa yang perlu dijaga agar data confidential kita tetap aman. Kriteria tersebut adalah CIA (Confidential, Integrity dan Availability). Beberapa hal yang perlu diingat adalah kalau satu jenis data mungkin memiliki beberapa kriteria sekaligus, memastikan bahwa perangkat kita (seperti gadget, PC, Laptop) sudah memiliki pelindung yang memadai, pastikan aplikasi android hanya meminta akses ke data yang relevan dan pastikan menggunakan 2-factor-Authentication. Kedua, kita harus mengerti dan menyadari data apa saja yang boleh dan tidak boleh di sharing ke social media. Ketiga, selalu waspada dengan praktik social engineering karena hal ini bisa menyerang siapa saja dan dimana saja.

Dari penjelasan webinar di atas, kita dapat memahami bahwa salah satu point penting untuk menjaga informasi dan transaksi digital adalah dengan menggunakan perangkat (seperti PC, Gadget, Laptop) telah memiliki sistem keamanan yang memadai. Setidaknya jika point tersebut bisa kita realisasikan kejahatan digital bisa kita minimalisir.

Utamakan Brand Populer

Ketika memilih sebuah laptop atau perangkat gadget lain, hal Utama yang harus diperhatikan adalah merek (brand). Diluar sana ada banyak sekali merek-merek laptop bertebaran, tapi dalam memilih notebook untuk bisnis pastikan merek yang masuk dalam pencarian Anda adalah merek popular. Ada yang bilang merek tidak menjamin bagus atau tidaknya suatu barang (mungkin), ada yang bilang harga  suatu barang yang mahal cuma karena merek (bisa jadi). Tapi perlu diingat merek-merek popular atau merek terkenal tidak akan berani main-main dengan kualitas. Hal tersebut dikarenakan butuh waktu lama untuk membangun nilai suatu merek, tapi untuk menghancurkan nilai tersebut bukanlah hal yang sulit. Jadi, percayalah merek-merek tersebut tidak akan berani main-main dengan kualitas dan kepercayaan pelanggan.

Perhatikan Budget Anda

Tak bisa dipungkiri ketersediaan dana (budget) memberikan pengaruh besar pada proses pembelian suatu barang, termasuk laptop. Mau ini mau itu, mau yang begini mau yang begitu tapi kalau budget tidak mendukung, mau bilang apa? Begitu pula sebaliknya, apabila kebutuhan perangkat yang diinginkan tidak terlalu canggih tapi budget mendukung, kenapa tidak? Jadi menurut saya budget merupakan hal kedua yang perlu diperhatikan dahulu setelah brand.   

Pahami tujuan pembelian laptop tersebut

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam pembelian laptop adalah tujuan dari pembelian laptop tersebut. Apakah laptop tersebut hanya akan digunakan untuk mengetik laporan keuangan di Excel dan membuat surat tanda terima di word atau laptop tersebut juga digunakan untuk hal lain yang lebih complicated seperti edit photo/video. Perbedaan tujuan tersebut apabila kita paham lebih awal akan membuat kita lebih mudah dalam memilih laptop. Tentunya kita tidak akan mubazir uang dan spesifikasi apabila ternyata yang kita perlukan hanya untuk mengetik dan browsing. Kita juga akan terhindar dari emosi berlebihan karena laptop yang lemot karena terlalu banyak aplikasi.

Spesifikasi

Dalam hal pemilihan laptop untuk bisnis, ada beberapa spesifikasi yang benar-benar harus diperhatikan oleh pembeli. Spesifikasi tersebut adalah CPU, RAM, Memori, USB Port, Konektivitas, Daya Tahan Baterai dan tentunya Sistem Keamanan yang disediakan produk tersebut. Semua spesifikasi tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk memilih laptop yang high-end, middle atau low spec. Spesifikasi yang terlalu wah akan sangat mubazir apabila digunakan hanya untuk kegiatan ketik-mengetik dan browsing. Sebaliknya, spesifikasi yang low akan membuat laptop tersebut kewalahan jika di forsir dengan segudang penggunaan dan aplikasi. Tentunya hal tersebut akan membuat si pengguna menjadi frustasi karena laptop yang tidak handal.

Sistem Keamanan

Seperti saya ceritakan di atas, kejahatan dalam dunia digital itu nyata. Mungkin sebagian orang ada yang berpikir, ” Ah, gak mungkin hacker itu meretas akun saya, wong saya cuma rakyat biasa yang duitnya juga pas-pasan”. Eitss, Jangan salah siapapun bisa menjadi korban apabila ada kesempatan. Karena itu, sebagai pemilik suatu bisnis ada baiknya kita menaruh fokus lebih pada sistem keamanan perangkat kerja kita, seperti laptop. Ketika ingin membeli sebuah laptop pastikan laptop tersebut adalah laptop khusus bisnis yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Jangan asal membeli laptop yang pada akhirnya akan merugikan kita. Beberapa jenis sistem keamanan digital yang biasanya ada pada laptop bisnis adalah :

Proteksi webcam berbentuk seperti penutup yang bisa digeser apabila sedang tidak digunakan.

perlindungan komputer berupa password yang menggunakan figerprint. Seperti kita tahu, setiap orang di dunia ini memiliki sidik jari yang berbeda. Proteksi menggunakan sidik jari ini diharapkan dapat lebih memproteksi bisnis Anda dari orang-orang yang ingin meng-akses langsung laptop Anda

Proteksi dengan menggunakan sidik jari masih terdengar biasa. Bagaimana dengan proteksi dengan menggunakan bentuk wajah? Terlihat hebat bukan! Setiap orang tentunya memiliki wajah yang berbeda-beda pula, proteksi laptop dengan menggunakan pengenalan wajah seseorang menyebabkan orang jahat yang ingin mengakses komputer tersebut akan kesulitan.

TPM (Trusted Platform Module).

fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)

Jenis password ini digunakan untuk mengamankan hardware komputer. Permintaan password ini muncul ketika kita baru menekan tombol ON pada laptop. Apabila memasukkan password yang salah maka sistem hardware komputer akan langsung terkunci dan tidak bisa digunakan. Password ini seperti kunci mati yang sulit dibuka apabila sudah terpasang.

Services Centre

Kalau Anda sudah memilih merek popular, pasti mereka punya services centre. minimal di beberapa kota besar di Indonesia. Jadi, apabila suatu saat ada masalah dengan laptop Anda, tidak perlu pusing dan bingung harus kemana dan bagaimana. Cukup datang ke services centre terdekat untuk mengetahui solusi terhadap masalah Anda.

Garansi

Setiap merek laptop pasti memberikan garansi terhadap barang yang mereka jual. Tapi perlu diperhatikan garansi apa yang disediakan, garansi pabrik atau garansi toko. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah berapa lama garansi yang diberikan karena kadang ada yang memberikan garansi 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun tapi ada juga perusahaan yang memberikan garansi hanya beberapa bulan setelah pembelian.

Rekomendasi

Ada baiknya sebelum membeli laptop yang jadi incaran, kita lihat-lihat diinternet review dari orang-orang yang pernah mencoba laptop jenis tersebut. Semakin banyak review dari orang lain bisa menjadi pertimbangan bagi kita dalam mebeli laptop tersebut. Kalau banyak yang merekomendasikan makan tidak ada salahnya kita langsung membulatkan hati dan pikiran untuk membelinya. Dan sebaliknya, kalau ternyata banyak review buruk ya sudah kita cari saja yang lain.

Design

Bagi sebuah laptop design memerankan peranan penting dalam proses pembelian seseorang. Design yang apik dan elegan dan menambah rasa percaya diri seseorang yang membawanya. Dalam berbisnis tentunya kita akan sering pergi bertemu client, melakukan meeting dan presentasi atau sekedar duduk di coffee shop sambil bekerja. Nah, memiliki laptop dengan design yang keren tentunya akan menambah kepercayaan diri kita. Maka dari itu banyak para pebisnis memilih design laptop yang ciamik agar terlihat lebih professional.

Ketahanan

Selain spesifikasi dan design yang ciamik, pastikan juga laptop Anda memiliki ketahanan yang baik. Jangan sampai spek selangit, design keren tapi baru terciprat air sedikit langsung rusak. Sebelum membeli coba cari tahu bagaimana ketahanan laptop tersebut, apakah merek tersebut memberikan garansi atau uji tertentu kepada series yang mereka jual atau tidak.

Dalam dunia produksi, biasanya ketika masa pengembangan (sebelum massproduction) perusahaan manufactur akan melakukan beberapa uji terhadap produk tersebut. Misalnya, apabila produk tersebut akan dipasarkan dengan konsep ketahanan yang prima, maka ada beberapa uji yang biasa dilakukan seperti Port Durability test, Panel Pressure Test, Keyboard Durability Test, Hinge Test, Shock Test dan Keyboard Spill Resistant.

Sebuah test dilakukan untuk menguji seberapa kuat I/O Port. Untuk sistem pengujiannya biasanya dilakukan dengan memasukkan dan mengeluarkan devices di port yang ada. Proses tersebut bisa dilakukan hingga puluhan ribu kali untuk menjamin port laptop tersebut tidak mudah rusak.

Dalam uji ini device akan ditekan dengan bobot tertentu, baik itu bagian atas dan bawah. Hasil yang diharapkan adalah LCD Panel yang tetap terjaga walaupun setelah ditimpa dengan beban yang berat

Test ini dilakukan dengan membuka tutup layar laptop. Dalam pelaksanaannya uji ini bisa dilakukan hingga 20ribu kali loh!

Shock test atau terapi gunjangan ini dilakukan untuk melihat seberapa tahan device tersebut dengan guncangan, bahkan dengan guncangan yang super kencang.

Uji ini dilakukan dengan menumpahkan sejumlah media liquid seperti air putih, kopi, teh dsb untuk melihat seberapa tahan keyboard tersebut terhadap air. Maklum, biasanya pekerja yang menggunakan laptop tidak lepas dari minuman. Uji ini dilakukan untuk jaga-jaga apabila kita tidak sengaja menumpahkan minuman kita

ASUS ExpertBook Series : Pilihan Sempurna Untuk Bisnis Digital Anda

Setelah mengikuti webinar yang dibawakan oleh Bapak Rifan Fernando (ASUS ID Commercial FAE), saya merasakan betapa pentingnya penggunaan laptop komersial dalam bisnis. Laptop yang dipakai untuk bisnis biasanya dibeli oleh perusahaan dan terkadang si pemakai laptop tersebut tidak terlalu peduli dengan laptop yang Ia pakai karena memang bukan dia yang beli. Berbeda halnya dengan laptop konsumer dimana yang membeli adalah sipemakai sendiri, karena itu biasanya Ia akan lebih peduli terhadap kondisi laptop miliknya. Selain itu laptop komersial juga memiliki fitur-fitur tertentu yang memang tidak dipasang didalam notebook biasa. 

 

Materi yang dibawakan oleh bapak Rifan Fernando memang khusus membahas Notebook Commercial. Saat webinar itu beliau menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan notebook commercial ASUS ExpertBook, khususnya Notebook tipe P2451FB. Ada 3 (tiga) hal pokok yang menjadi inti dari sesi materi “Mengenal Notebook Commercial” yang ia bawakan, yaitu : Pengenalan anatomy dari notebook commercial, system keamanan yang ada di notebook commercial dan bagaimana ASUS PRO Business Solution dapat membantu kita dalam menjalankan bisnis.

Anatomy Notebook Commercial

Pada webinar “Secure your business with ExpertBook Series”, Bapak Rifan menjelaskan anatomi sebuah notebook komersial dengan mengambil contoh notebook tipe P2451FB. Dalam webinar tersebut dijelaskan kalau pada dasarnya anatomi dari notebook komersial berbeda dengan notebook konsumer. Notebook komersial memiliki setidaknya 8 (delapan) fitur andalan yang memang disediakan untuk menunjang kegiatan bisnis di perusahaan. Berikut adalah fitur-fitur tersebut :

ASUS ExpertBook Series

Sistem Keamanan Pada Notebook Commercial

Salah satu sistem keamanan yang dimiliki ASUS ExpertBook Series adalah IntelvPro dimana salah satu keunggulannya adalah adanya pengendalian extra atas keamanaan pengguna perangkat tersebut. Ada beberapa macam fitur dari Intel vPro ini, yaitu : Secure Authentication, Intel Platform Trust Technology-PTT, Intel Data Protection Technology, Intel Identity Protection Technology, Intel Secure Key, Intel Anti-Theft Technology, Intel Boot Guard dan Intel OS Guard.

Selain keamanan dari Intel vPro, Asus ExpertBook Series juga memiliki sistem keamanan lain yang dapat mencegah terjadinya kejahatan di dunia digital seperti pencurian perangkat atau pencurian data digital. Beberapa perlindungan yang menjadi keunggulan Asus Expert P2 ini adalah webcam shield, fingerprint sensor, face recognition sensor, penggunakan TPM 2.0 yang merupakankeamanan tingkat perusahaan, BIOS password security dan HDD password security. Perangkat ini juga dilengkapi dengan kunci kensington yang melindungi dari pencurian.

Asus PRO Business Solution

ASUSPRO Business Solution memberikan management dan perlindungan keamanan aset bagi perusahaan. Management ini membuat perusahaan bisa lebih tenang dalam mengelola bisnis mereka. ASUSPRO Business SOlution membantu para pimpinan dan IT perusahaan untuk lebih menjaga keamanan perangkat dan jaringan di perusahaan, menjaga biaya tak terduga terjadi dan tentunya dapat meningkatkan produktivity karyawan.

ASUSPRO Business Solution

ASUSPRO Business Solution hadir untuk membantu pelaku bisnis dalam bidang IT dan hardware yang ada diperusahaan. Solusi dari Asus ini mencakup keseluruhan perangkat yang ada diperusahaan (semua yang bermerek Asus tentunya), bisa berbentuk notebook, laptop atau PC. Solusi bisnis ini hadir dengan keamanan yang lebih baik, kemudahan mengontrol biaya yang terduga, membuat waktu lebih efektif dan efisien, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan return on investment perusahaan,

Sistem Keamanan yang Prima

Seperti dijelaskan oleh Pak Rifan, ASUS memiliki sistem keamanan mumpuni yang bisa menjaga laptop/notebook kita dari kejahatan digital. Untuk Asus ExpertBook P2 sendiri memiliki sistem keamanan tingkat bisnis seperti TPM 2.0 dan Intel vPro.

Brand yang sudah Established sejak 1989

Asus merupakan perusahaan besar yang berasal dari Taiwan dan berdiri tahun 1989. Hingga saat ini Asus telah memiliki bermacam-macam peralatan seperti motherboard, graphis, notebook, PDA, LCD, tablet, telepon genggam, smartphone dan perangkat komputer lainnya. Selama 31 tahun berdiri Asus telah mendapat lebih dari 1400 penghargaan. Selain itu Asus juga mendapat pengakuan dari lembaga kenamaan seperti Interbrand, Forbes dan Fortune (Asus Awards & Recognition)

Services Centre

Untuk pengguna ASUS tidak perlu khawatir ada masalah dengan laptop/notebook miliknya. Asus memiliki 29 Services Centre (Khusus B2B), 137 Authorized Services Partner dan 17 Collection Point di Indonesia. Kita bisa langsung membawa laptop/notebook kita ke services point terdekat untuk mendapat solusi atas masalah yang terjadi dengan devices tersebut. Untuk lebih detail mengenai lokasi services centre Asus, bisa coba dicek laman website mereka (service centre Asus)

Design

Sebagai seorang pebisnis, bisa dikatakan laptop/notebook yang digunakan adalah jati diri pemiliknya. Design yang elegan dan terlihat elegan dan profesional tentunya dapat menambah kepercayaan diri pemakainya, baik ketika dibawa meeting ke client atau ketika sedang duduk di coffee shop. Asus ExperBook Series dibekali dengan design yang elegan, contohnya saja Asus ExpertBook P2, laptop tersebut terlihat ramping dengan ukuran 32.53 x 23.29 x 1.99 cm. Dengan bobot yang hanya 1.6kg pengguna bisa dengan mudah membawa laptop tersebut. Design Asus

Garansi

Setiap product Asus ExpertBook Series memiliki garansi minimal garansi 1 tahun hardware internasional. Dengan adanya garansi pengguna tidak perlu khawatir setahun atau tiga tahun kedepan apa yang akan menimpa devices mereka. Selama masih ada garansi maka kita bisa langsung menuju services centre terdekat untuk melakukan claim dan perbaikan.

Ketahanan bak Superhero

Kalau bicara mengenai ketahanan produk, maka ASUS ExperBook Series merupakan laptop yang tidak perlu diragukan lagi ketahanannya. Dalam webinar yang dibawakan oleh Pak Rifan, dikatakan bahwa ASUS ExpertBook Series telah mengalami ujian penderitaan yang sangat keras. Sebelum diluncurkan dipasar ASUS telah melakukan sejumlah tes ketahanan untuk Series ini, Beberapa tes yang dilakukan adalah Port Durability Test (5000 kali tes tekanan untuk melihat seberapa kuat I/O ports), Hinge Test (Device dilakukan uji dengan membuka tutup cover sampai 20ribu kali), Panel Pressure Test (Tes ketahanan dengan seolah-olah device ditimpa benda seberat 25kg dibagian bawah dan atas, Hal ini untuk melihat rusak tidaknya LED Panel jika ada benda berat jatuh diatas atau dibawah device), Shock Test (Uji ketahanan produk dengan 6 kali guncangan hebat dengan kecepatan hingga 120G/2ms), Keyboard Durability Test (test ketahanan keyboard dengan melakukan 10juta kali tekanan seperti orang mengetik), Keyboard Spill Resistance Test (Tes ketahanan keyboard terhadap zat liquid seperti air putih, kopi). Nah, sekarang tahu kan kenapa ASUS ExpertBook Series bisa dikatakan punya ketahanan bak superhero.

Smart Tools

Asus Business Manager memiliki smart tools yang dapat dimanfaatkan untuk kemudahan pengelolaan data dan informasi di laptop Anda. Dalam ASUS Business Manager Anda bisa melihat informasi lengkat terkait devices Anda. Informasi yang ada dalam Asus Business Manager adalah Productivity Kit (System Backtrack dan System Informasi) dan Security Management (Security Guard, Security Trash, Security Drive dan File Sherdder). Smart Tools yang ada dalam Asus Business Manager juga memungkinkan Anda untuk meng-customize logo (My Logo

Premium Care

Keuntungan lain yang bisa didapatkan apabila kita memilih ASUS ExpertBook adalah adanya layanan premium yang disediakan oleh ASUSPRO Business Solution. Layanan premium ini meliputi Customer Support 24×7, Garansi Internasional sampai 3 tahun, Pick Up & Return Services, Onsite Services, Integrated APP, Perpanjangan garansi,Next Business Day Onsite Response (NBD), Accidental Damage Protection (ADP), Defective HDD Extention (DHR) dan Zero Bright Dot (ZBD). 10 premium care tersebut saya rasa mampu mengatasi rasa khawatir dan takut kita apabila terjadi apa-apa dengan devices yang kita punya. Setidaknya kita bisa menganulir risiko device rusak atau rusak dikemudian hari. KIta hanya perlu fokus ke bisnis kita.

ASUSPRO Business Solutio

Ada beberapa keuntungan dari tersedianya Premium Care iniPremium Care bisa mem, diantaranya adalah minimalsir downtime, mendapatkan efisiensi dengan adanya layanan door to door oleh teknisi expert Asus, bisa menjadi solusi dari semua permasalahan devices yang ada di perusahaan. Apabila semuanya terintegrasi dengan ASUS Business Manager maka semua solusi yang dibutuhkan terkait permasalahan devices bisa diatas dengan cepat.


Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa ASUS ExpertBook Series menjadi pilihan sempurna untuk kelancaran bisnis kamu! Kalau kamu sudah yakin dengan ExperBook Series sekarang akan muncul masalah baru, hehehe. ASUS ExpertBook Series saat ini memiliki 8 (delapan) tipe produk. Selamat memilih!

8 (Delapan) Pilihan ASUS ExpertBook Series

ASUS ExpertBook Series memiliki 8 (delapan) variant/tipe yang bisa kita pilih. Berikut saya coba membuat perbandingan dari kedelapan tipe tersebut. Sebenarnya untuk spesifikasi lengkap kamu bisa juga langsung meluncur ke website resmi Asus, disana kamu bisa melihat perbandingan spesifikasi produk-produk yang kamu inginkan. Pada tabel ini saya hanya memilih beberapa spesifikasi dasar yang biasanya dilihat ketika membeli sebuah laptop, seperti processor, sistem operasi, memori, ukuran layar, grafis yang digunakan, storage, baterai, dimensi dan berat. Semoga tabel ini membantu ya..

Mobilitas Tanpa Batas

Asus ExpertBook P2451FB didesign dengan compact, ringan dan elegan. Perangkat ini dibuat dengan ukuran 325,2X232,2×19,9mm yang artinya akan sangat mudah dibawa kemana-mana. Bobot dari device ini pun sangat ringan, hanya sekitar 1.5-1.6 kg (dengan baterai). Selain karena ringkas dan berukuran kecil, bobot yang ringan ini sangat mendukung apabila kamu bepergian dan membawanya di dalam tas.

Selain itu, perangkat ini juga telah diuji dengan berbagai tipe uji kualitas di internal Asus sehingga untuk kamu memiliki mobilitas tinggi, sering bepergian kemana-mana, tidak perlu khawatir kalau laptop ini akan rusak. Setidaknya ada 7 (tujuh) macam pengujian yang dilakukan Asus pada jenis laptop ini, yaitu : Shock Test, Vibration Test, Shipboard Vibration Test, High Temperature Operation, Low Temperature Storage, Altitude Operation dan Altitude Storage. Jadi tidak perlu khawatir laptop kamu akan cepat rusak karena sering dibawa didalam tas.

Design Elegan dan Kokoh

Asus ExpertBook P2451FB dibalut dengan chasis yang kokoh dan tampilan yang elegan. Laptop P2 ini dilengkapi dengan NanoEdge display yang memiliki ukuran bezel yang tipis. Hal ini membuat tampilan layar Asus Expertbook P2 terlihat besar dan mewah. Kemewahan tersebut terasa lebih nyata ketika melihat grafis yang dimunculkan dari layar 14inc ini, grafis NVIDIA® GeForce® MX110 membuat P2 menjadi semakin exclusive.

Sama halnya seperti wonderwoman yang bukan hanya cantik tapi juga kuat, pesona Asus ExpertBook P2 ditambah dengan kekokohan chasis yang membuat laptop ini aman dengan benturan atau kejutan yang mungkin terjadi sehari-hari. Sebagai informasi rangka dari Asus ExpertBook P2 ini dilengkapi dengan Alumunium Alloy Lid yang memberikan kekuatan struktural, Steel Support Brace yangmenjadi penguat internaldan memberikan dukungan bagi struktural dan adanya EAR HDD Protection (peredan kejut) yang melindungi Hard Drive dari benturan.

Ergonomic Keyboard

Asus ExpertBook P2451FB memiliki keyboard yang nyaman digunakan. Kenyamanan ini didapat karena tombol pada keyboard memiliki jarak yang mirip seperti keyboard pada desktop. Kenyamanan tersebut ditambah dengan adanya lampu backlit sehingga pengguna bisa mengetik dengan mudah walaupun saat cahaya lampu tidak memadai. Keyboard pada Asus Experbook P2 juga dibekali dengan ketahanan prima. Sebelum diluncurkan Asus telah melakukan test ketahanan ketik dan test ketahanan air. Untuk ketahanan mengetik Asus menguji keyboard ini dengan melakukan 10.000 kali ketukan, sedangkan untuk uji tahan air Asus menguji keyboard Asus ExpertBook P2 dengan menumpahkan zat air (seperti air putih, kopi) sebanyak 66cc. Dengan dilakukannya pengujian tersebut pengguna tidak perlu khawatir dengan ketahanan keyboard milik mereka.

Tahan Banting Disegala Kondisi

Untuk ketahanan, tak perlu diragukan lagi Asus ExpertBook P2 pasti juaranya. Salah satu keunggulan yang diberikan Asus ExperBook adalah dari sisi daya tahannya. Laptop ini telah teruji dengan berbagai uji kualitas internal Asus dengan standar militer US MIL-STD 810G. Untuk itu segala kekerasan yang mungkin menimpa laptop ini tidak akan membuat laptop ini rusak atau hancur berkeping-keping. Dalam pengembangan laptop Asus P2 ini, ada beberapa uji yang dilakukan yaitu : 

Comprehensive Connections

Untuk menunjang kemudahan transfer data dan konektivitas lainnya, Asus membekali ExpertBook P2 dengan berbagai koneksi periperal serbaguna. Beberapa koneksi periperal yang ada pada device ini adalah USB 3.2 Gen 1, USB-C 3.2 Gen 2, HDMI, VGA, RJ45LAN dan microSD reader.

Comprehensive Security

Asus membekali ExpertBook P2 dengan fitur keamanan yang komprehensif untuk melindungi data penting di laptop Anda. Expertbook P2 dilengkapi dengan slot kunci Kensington untuk melindungi dari pencurian. Asus juga membuat webcam yang memiliki shield (pelindung) sehingga bisa ditutup jika tidak digunakan. Untuk keamanan data pengguna, Asus menyertakan fingerprint sensor, Face Recognition, TPM 2.0 dan Intel vPro yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga keamanaan data. Selain itu Asus juga membekali ExpertBook P2 dengan BIOS User Protection dan HDD User Password Protection.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi bukan saja membawa pengaruh positif kepada manusia. Ada sisi gelap dari pesatnya perkembangan teknologi di dunia, yaitu terjadinya kejahatan di dunia digital (cyber crime). Dalam praktiknya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kita menjadi salah satu korban dari cyber crime. Salah satu penyebab yang bisa membuat kita menjadi korban adalah tingkat keamanan data confidential yang rendah. Hal ini bisa disebabkan karena kita teledor dalam menyebarkan informasi di dunia maya dan bisa juga karena kita menggunakan perangkat / device yang tingkat keamanannya rendah.

Sebagai pebisnis, tentunya masalah keamanan data confidential adalah hal mutlak yang perlu dipenuhi. Bukan hanya mendidik para pegawai untuk selalu berhati-hati, sebagai pemilik bisnis tentunya kita harus membekali karyawan kita dengan perangkat handal dan tangguh yang bisa melindungi dokumen dan informasi rahasia kita dari kejahatan digital.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memilih sebuah laptop atau PC untuk perusahaan. Salah satu aspek penting yang perlu kita perhatikan adalah dari sisi sistem keamanannya. Apabila laptop tersebut sudah dibekali dengan sistem keamanan yang mumpuni, niscaya keamanan data penting kita sudah aman 80%.

Untuk laptop bisnis dengan tingkat keamanan yang prima, ada baiknya kita coba melirik salah satu produk dari Asus ExpertBook Series yang memang dirancang untuk kaum pebisnis. Salah satu tipe pilihan yang bisa jadi partner anda dalam menjalankan bisnis adalah Asus ExpertBook P2451 yang memiliki beberapa sistem keamanan prima untuk menjaga bisnis Anda dari cybercrime. Beberapa sistem keamanan yang dibundle dalam Asus ini adalah face recognition, fingerprint sensor, webcam shield, sistem keamanan TPM 2.0 dan intel Vpro. Bukan hanya sistem keamanan yang hebat, Asus ExpertBook P2 juga memiliki design yang profesional dan elegan serta memiliki kekuatan produk yang tahan banting disegala kondisi.

Akhir Kata...

Saya sangat senang dan beruntung sekali bisa ikut webinar ASUSXIIDN ini, selain materi yang sangat bermanfaat, webinar ini juga memberi kita kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik (tapi sayang kemarin saya belum beruntung, hehehe). Beberapa peserta berhasil mendapatkan hadiah karena telah bertanya atau menjawab pertanyaan. Ada pula peserta beruntung yang berhasil mendapatkan doorprize berupa Exclusive Parker Pen dan Credit OVO senilai 500ribu.

Saya harap dikedepannya akan ada lagi kolaborasi antara IIDN dan ASUS dalam mengadakan webinar untuk ibu-ibu yang haus teknologi seperti saya. Terimakasih ASUS dan IIDN.

Referensi :

  • Ilustrasi : Designed by Nyssa Syira
  • Informasi ASUS : Webinar “Secure Your Business With ExpertBook Series”, www.asus.com/id
  • Foto : asus.com/id

Share this:

Like this:

Like Loading...
%d bloggers like this: